http://www.ghiboo.com
Tue, 28 Feb 2012 15:30:00 GMT | By www.ghiboo.com

Gizi Olahraga yang Harus Diperhatikan Atlet

Sport


Photo

Ghiboo.com - Olahraga merupakan aktivitas fisik untuk meningkatkan stamina tubuh, yang mempunyai dampak positif terhadap derajat kesehatan, oleh karena itu olahraga dianjurkan untuk dilaksanakan secara teratur sesuai dengan kondisi seorang atlet.

Bagi atlet asupan gizi yang terkait dengan olahraga mempunyai arti penting selain untuk mempertahankan kebugaran juga untuk meningkatkan prestasi atlet tersebut dalam cabang olahraga yang diikutinya.

Gizi olahraga mempunyai hubungan dengan tingkat prestasi seorang atlet. Kenapa? Sebagai contoh, seorang atlet binaraga harus tepat menjaga kadar gizi dari setiap makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Bukan lemak yang diperbanyak, tetapi yang dibutuhkan ialah zat yang mampu untuk memperbesar otot yaitu protein. Sumber protein bagi Binaragawan berasal dari putih telur, susu kaya protein, dada ayam, dan sebagainya.

Tujuan pemenuhan gizi bagi atlet ialah untuk memnghasilkan penampilan yang prima, menjaga kondisi tubuh, dan menjaga stamina tubuh dengan ritme latihan dan jadwal yang padat. Bagi seorang atlet, adanya gizi di dalam tubuhnya sulit untuk dinafikan. Manfaat dari diperolehnya kebutuhan gizi dalam kehidupan seorang atlet, yakni:

1. Sejumlah protein yang banyak bermanfaat sebagai zat pembangun, menjaga, memperbaiki dan mempertahankan semua jaringan dalam tubuh.

2. Karbohidrat dan lemak yang berfungsi sebagai sumber tenaga yang solid.

3. Kandungan air yang memadai. Sebagaimana diketahui jika dalam setiap tubuh manusia mengandung 70% air, makanya kekurangan cairan dalam tubuh manusia akan menimbulkan banyak kerugian.

4. Vitamin dan mineral yang berfungsi untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Secara rata-rata, kebutuhan kalori bagi setiap atlet berkisar antara 2500-5000 dengan proporsi seperti lemak 20-30%, protein 13-20%, dan karbohidrat 55-70%. Protein tidak digunakan sebagai sumber energi para atlet, melainkan sebagai zat pembangun dan pengatur cairan tubuh.

Seperti diketahui, olahraga dapat meningkatkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh sejalan dengan makin meningkatnya pula kebutuhan akan zat-zat gizi untuk menyokong kegiatan atlet.

Untuk itu, kebutuhan gizi atlet harus benar-benar diperhatikan, disesuaikan dengan kondisi tubuh dan seberapa berat aktivitas yang dilakukan perharinya.


(Berbagai sumber)

0Komentar

Apakah era Louis Van Gaal di Manchester United akan lebih baik dari musim lalu?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1. 73 %
    1. Ya
    908 jumlah respon
  2.  
    15 %
    2. Tidak
    185 jumlah respon
  3.  
    12 %
    3. Ragu-ragu
    148 jumlah respon

Total Respon: 1.241
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft