Mon, 23 Sep 2013 12:11:45 GMT | By MULA-ANTARA

Djohar Arifin: Timnas U-19 Hasil Seleksi Ketat

Jakarta (Antara) - Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin mengatakan Tim Nasional U-19 merupakan hasil seleksi ketat yang dilakukan oleh pelatih Indra Sjafri.


Jakarta (Antara) - Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin mengatakan Tim Nasional U-19 merupakan hasil seleksi ketat yang dilakukan oleh pelatih Indra Sjafri.

"Kita tahu tim ini merupakan hasil seleksi sangat ketat dari beberapa daerah. Indra telah membuat kriteria VO2Max (volume maksimal oksigen yang diproses oleh tubuh saat melakukan kegiatan yang intensif) di atas 50. Fisiknya sudah siap untuk itu," kata Djohar, ditemui di kantor PSSI di kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Senin.

Karena itu Djohar menjamin pemain yang masuk skuad Timnas U-19 tidak hanya memiliki kemampuan yang baik tetapi juga VO2Max dan level Hemoglobin yang disyaratkan.

"Sudah ada kriterianya, tidak bisa ada titipan lagi. Kalaupun mainnya bagus tetapi VO2Max dan HB-nya tidak memenuhi syarat, akan dicoret. Penyaringan yang ketat itu membuahkan hasil yang terbaik," jelas Djohar.

Timnas "Garuda Muda", lanjut Djohar, memang mampu menunjukkan penampilan yang luar biasa termasuk daya tahan tubuh yang konsisten sepanjang permainan.

Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 7-6 melalui adu tendangan penalti pada final Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (22/9) malam.

Final tersebut sempat berlangsung alot sehingga setelah 90 menit berlangsung selama dua babak, kedudukan masih imbang 0-0 bahkan setelah ditambah babak perpanjangan selama 30 menit.

Djohar memuji perjuangan Timnas U-19 hingga akhirnya bisa keluar sebagai juara sekaligus mengukir sejarah sebagai prestasi tertinggi sejak turnamen bergulir sejak 2002 silam.

"Luar biasa perjuangan anak-anak. Mereka tekadnya luar biasa. Pada penyisihan pun mereka bertekad mengukir sejarah untuk masuk semifinal. Setelah berhasil masuk semifinal, mereka bertekad ke final dan akhirnya menjadi juara," ujar Djohar.

Ia memuji daya tahan Timnas U-19, "Daya tahannya luar biasa, dari awal sampai akhir masih konstan, terus berlari dibandingkan dengan pemain Vietnam," ucapnya.

"Tim-nya sangat bagus, gizi dan kesehatan tiap hari dikontrol. Tim pelatihnya juga bagus, sport science telah diterapkan," ujarnya.

Usai laga mereka di Final Piala AFF U-19, Badan Tim Nasional memberi program istirahat selama tiga hari sebelum berlatih lagi menjelang persiapan untuk babak kualifikasi Piala Asia AFC U-19 awal Oktober di Sidoarjo, Jawa Timur.

"Setelah ini mereka akan fokus lagi untuk Piala Asia dan akan TC kembali," kata Djohar. (ar)

0Komentar

Apakah era Louis Van Gaal di Manchester United akan lebih baik dari musim lalu?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1. 70 %
    1. Ya
    393 jumlah respon
  2.  
    14 %
    2. Tidak
    79 jumlah respon
  3.  
    16 %
    3. Ragu-ragu
    87 jumlah respon

Total Respon: 559
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft