Republika Online
Updated: Tue, 22 Jan 2013 06:06:00 GMT

Guardiola Disambut Tekanan di Bayern Muenchen



Guardiola Disambut Tekanan di Bayern Muenchen

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN - 'Mia san Mia' - "Kami adalah kami" merupakan motto Bayern Munich dan Pep Guardiola akan paham benar apa makna untuk menjadi pelatih raksasa bavaria itu ketika ia tiba di kantornya pada 1 Juli 2014 mendatang.

Bayern membuat heboh Liga Jerman pada Rabu silam dengan mengungkapkan bahwa pelatih 42 tahun itu akan melatih pada musim 2013/2014, menghancurkan spekulasi bahwa tujuan mantan pelatih Barcelona itu akan menuju Liga Utama Inggris.

Lima bulan penuh sebelum hari pertama Guardiola di kantor itu, media Jerman telah menyambut pengumuman Rabu dengan gegap gempita menyusul pengumuman Rabu di mana pria Spanyol itu akan tetap tinggal di New York untuk beberapa saat.

"Sejak setiap orang tergila-gila terhadap Guardiola, mari tidak terhanyut dan berkonsentrasi pada sepak bola," pinta presiden Uli Hoeness setelah kemenangan terakhir pada Sabtu yang membuat Bayern unggul sembilan poin di puncak klasemen.

Namun Guardiola akan menghadapi sambutan heboh ketika ia akhirnya datang di bawah ekspektasi kesuksesan yang ia rasakan sepanjang empat tahunnya di Barca, dengan visi 'Tiki-Taka' total football-nya yang berbuah 14 trofi, akan dapat terulang di Munich.

Meski ia telah menghapus semua spekulasi mengenai Liga Utama Inggris pada Selasa silam, keputusan Guardiola untuk memilih Jerman dan bukan Inggris, dapat dijelaskan dengan semakin populernya Liga Jerman.

Secara rata-rata, 42 ribu penggemar menyaksikan setiap pertandingan dan Liga Jerman memiliki harga-harga tiket termurah dengan tingkat kehadiran penonton tertinggi di antara lima liga utama Eropa.

Dengan harga tiket termurah yakni sepuluh euro, dan harga rata-rata tiket sekitar 22 euro, tiket-tiket pertandingan juga dapat digunakan untuk naik kereta api bagi para penggemar yang melakukan lawatan tandang.

Guardiola telah melakukan pekerjaan rumahnya dan akan bergabung dengan salah satu kekuatan utama sepak bola Eropa: Bayern merupakan klub dengan keuangan yang sehat dengan tim yang dihuni pemain-pemain bintang lima.

Ketika banyak klub papan atas Eropa disibukkan masalah keuangan, Bayern meraih keuntungan selama 20 tahun terakhir dan Allianz Arena secara reguler menjual habis tiket-tiket pertandingan mereka dengan stadion berkapasitas 71 ribu penonton.

Bintang-bintang Jerman Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Holger Badstuber, dan Thomas Mueller semuanya merupakan pemain didikan sendiri. Delapan anggota tim secara reguler mendapat tempat di tim nasional.

Di bawah peraturan '50 + 1' Liga Jerman, yang melarang satu individu menguasai saham mayoritas, klub olahraga Bayern Munich memiliki 81,8 persen, sedangkan dua sponsor yakni Audi dan Adidas masing-masing memiliki 9,1 persen - tanpa investor Rusia atau Arab Saudi di sisi mereka.

Tahun lalu, Bayern mengumumkan mereka meraih pemasukan sebesar 373,4 juta euro dan keuntungan sebelum pajak mencapai 11,1 euro untuk musim 2011/2012. Namun mereka dipaksa berada di bawah bayang-bayang Borussia Dortmund untuk dua musim terakhir, Bayern tidak memenangi apapun sejak Mei 2010 dan kesulitan meraih gelar.

Bekerja bersama dengan direktur olahraga Matthias Sammer, Guardiola akan cocok dengan etos konservatif yang dibangun Hoeness dan ketua Karl-Heinz Rummenigge pada Juli 2011, ketika ia pertama kali berkata bahwa dirinya ingin bekerja di Bayern.

Ia telah mempelajari bahasa Jerman sejak November, namun dapat memahami keinginan Hoeness merupakan skill lain yang harus dikuasai Guardiola.

Berhasrat dan cepat untuk mempertahankan sejarah membanggakan Bayern, Hoeness merupakan sosok instrumental dalam mendepak para pelatih sebelumnya ketika timnya mengalami hasil buruk.

Menghabiskan 30 tahun sebagai manajer umum sebelum menggantikan legenda Bayern Franz Beckenbauer sebagai presiden pada 2009, Hoeness, pahlawan Piala Dunia Jerman Barat pada 1974, merupakan kekuatan utama klub itu.

Ia adalah teman dekat pelatih Bayern saat ini, yang menjelaskan mengapa Jupp Heynckes (67) akan mengakhiri kontrak dua tahunnya pada Juni meski gagal mendatangkan trofi sepanjang periode itu.

Pelatih AS Jurgen Klinsmann dipecat pada 2009 setelah hanya menjadi pelatih klub itu selama sepuluh bulan, sedangkan pelatih asal Belanda Louis van Gaal disingkirkan pada April 2011 ketika hasil di liga tidak memihak mereka.

Bayern terakhir kali menjuarai Liga Champions pada 2001 dan mencapai final 2010 dan 2012, rasa lapar klub ini terhadap kesuksesan di Eropa akan perlu dipuaskan.

Rekor Chelsea yang memiliki delapan manajer sejak Jose Mourinho pergi pada September 2007, kemungkinan besar menjadi faktor kunci mengapa Guardiola dilaporkan menolak tawaran pemilik Si Biru Roman Abramovich - meski bayern juga berganti enam pelatih pada periode yang sama.

"(Guardiola) dipuji setinggi langit di mana ia kemungkinan tidak dapat memberikan keadilan bagi dirinya sendiri," komentar Felix Magath, yang dipecat Bayern pada 2007, pada akhir pekan. Sekarang tergantung kepada Pep untuk membuktikan pernyataan Magath keliru.

0Komentar
Lihat Wajah Baru MSN

Menurut anda, siapakah yang paling tepat menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1.  
    3 %
    1. Adhie MS
    246 jumlah respon
  2.  
    4 %
    2. Adian Napitupulu
    378 jumlah respon
  3.  
    12 %
    3. Anies Baswedan
    1.021 jumlah respon
  4.  
    16 %
    4. Bambang Pamungkas
    1.376 jumlah respon
  5.  
    4 %
    5. Budiman Sudjatmiko
    320 jumlah respon
  6.  
    36 %
    6. Erick Thohir
    3.135 jumlah respon
  7.  
    1 %
    7. Herry Zudianto
    90 jumlah respon
  8.  
    1 %
    8. Martin Manurung
    90 jumlah respon
  9.  
    14 %
    9. Susi Susanti
    1.173 jumlah respon
  10.  
    5 %
    10. Utut Adianto
    456 jumlah respon
  11.  
    4 %
    11. Yayuk Basuki
    326 jumlah respon

Total Respon: 8.611
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft