Republika Online
Updated: Fri, 14 Jun 2013 15:33:00 GMT

Profil Tim Peserta Piala Konfederasi: Nigeria



Profil Tim Peserta Piala Konfederasi: Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, Sepakan Sunday Mba meluncur mulus ke gawang Burkina Faso. Mba berhasil mencetak satu-satunya gol di laga final Piala Afrika, Februari silam. Tim Elang Super akhirnya mengakhiri puasa gelar Piala Afrika selama 19 tahun.

Empat bulan kemudian, Nigeria kembali berpartisipasi di sebuah kompetisi resmi. Tim besutan Stephan Keshi itu menjadi salah satu kontestan Piala Konfederasi 2013, lantaran statusnya sebagai juara terbaru Piala Afrika.

Ini merupakan Piala Konfederasi pertama buat Nigeria, sejak turnamen ini masuk ke dalam agenda FIFA. Tim asal Afrika Barat itu sebenarnya pernah ikut dalam turnamen yang akhirnya menjadi cikal bakal Piala Konfederasi. Pada 1995, saat turnamen ini masih bernama Piala Raja Fahd, Nigeria sudah ambil bagian. The Super Eagles bahkan mengakhiri turnamen sebagai tim terbaik keempat.

Namun, Nigeria kini memiliki kesempatan untuk membuktikan bahwa tim asal Afrika tidak bisa dipandang sebelah mata. Status debutan di Piala Konfederasi tidak akan menghalangi mereka untuk berprestasi di Brasil 2013.

Sunday Mba dan John Obi Mikel akan menjadi pemain yang bakal diandalkan sang pelatih, Stephan Keshi. Sayangnya, top skorer Piala Afrika, Emmanuel Emenike, mengalami cedera, namun Keshi memiliki pengganti yang sepadan. Penyerang Dynamo Kiev, Brown Ideye, akan ditugaskan untuk merobek jala gawang.

Tidak hanya itu, kekuataan utama Nigeria adalah barisan pemain muda. Di Piala Afrika 2013, hanya ada dua pemain Nigeria yang usianya di atas 25 tahun. Kebijakan memaksimalkan pemain muda dan pemain-pemain lokal, yang diterapkan Keshi, tampaknya sudah berbuah positif, yaitu dengan torehan Piala Afrika.

Bukan tidak mungkin, para pasukan muda Tim Elang Super dapat menggondol trofi kedua mereka pada tahun ini, yaitu Piala Konfederasi. Status debutan bukan berarti akan membuat Nigeria bakal minder. Justru dengan status itu, Nigeria siap memberikan kejutan di Brasil 2013

Skuat Nigeria di Piala Konfederasi 2013


Kiper: Enyeama (Maccabi Tel-Aviv), Ejide (Hapoel Petah Tikva), Agbim (Enugu Rangers);

Bek: Oboabona (Sunshine Stars), Echiejile (Sporting Braga), Ambrose (Celtic), Egwuekwe (Warri Wolves), Kwambe (Sunshine Stars), Benjamin (Heartland FC), Omeruo (ADO Den Haag);

Gelandang: Ogu (Coimbra), Mikel (Chelsea), Ogude (Valerenga), Onazi (Lazio), Eze (Enugu Rangers), Mba (Enugu Rangers);

Penyerang: Musa (CSKA Moscow), Ideye (Dynamo Kiev), Akpala (Werder Bremen), Gambo (Kano Pillars), Ujah (Cologne), Babatunde (FC Kryvbas), Oduamadi (AS Varese).

0Komentar

Menurut anda, siapakah yang paling tepat menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1.  
    2 %
    1. Adhie MS
    5 jumlah respon
  2.  
    3 %
    2. Adian Napitupulu
    8 jumlah respon
  3.  
    15 %
    3. Anies Baswedan
    36 jumlah respon
  4.  
    18 %
    4. Bambang Pamungkas
    44 jumlah respon
  5.  
    4 %
    5. Budiman Sudjatmiko
    9 jumlah respon
  6.  
    35 %
    6. Erick Thohir
    82 jumlah respon
  7.  
    2 %
    7. Herry Zudianto
    4 jumlah respon
  8.  
    1 %
    8. Martin Manurung
    3 jumlah respon
  9.  
    11 %
    9. Susi Susanti
    27 jumlah respon
  10.  
    4 %
    10. Utut Adianto
    9 jumlah respon
  11.  
    5 %
    11. Yayuk Basuki
    11 jumlah respon

Total Respon: 238
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft