JPNN
Updated: Fri, 16 Nov 2012 17:02:00 GMT | By JPNN

10 Nomine Gol Terbaik Dunia 2012



JPNN

LIONEL Messi, Neymar, dan Radamel Falcao memang kerap mencetak banyak gol dan beberapa di antaranya tercipta dengan indah. Tapi, belum tentu salah satu dari ketiga bintang Amerika Latin itu yang akan memenangi Puskas Award 2012.
===
PUSKAS award adalah penghargaan tahunan yang diberikan FIFA untuk gol terbaik dunia. Dari namanya, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi kepada Ferenc Puskas, striker legendaris Hungaria dan Real Madrid dekade 1950-an.

Puskas dipilih karena namanya diakui sebagai salah satu striker tersubur dunia, termasuk rekor gol internasional (84 gol dari 85) bersama Hungaria. Pada 1995, dia dinobatkan sebagai top scorer abad ke-20 dengan torehan 512 gol dari 528 laga di berbagai ajang klub maupun internasional.

Puskas award diberikan kali pertama pada 2009 yang dimenangi Cristiano Ronaldo. Yakni, lewat tendangan jarak jauhnya ke gawang FC Porto di ajang Liga Champions semasa masih membela Manchester United. Hamit Altintop memenanginya setahun kemudian disusul Neymar.

Nah, untuk tahun ini, Neymar kembali masuk nomine. Wonderkid Santos dan timnas Brasil itu bersanding dengan sembilan nomine lainnya. Selain Messi dan Falcao, ada winger Newcastle United Hatem Ben Arfa lewat gol solo run ke gawang Blackburn Rovers di ajang Piala FA pada 7 Januari lalu.

Sungguh luar biasa gol saya bisa masuk kandidat gol terbaik tahun ini. Saya justru hampir lupa bagaimana menjelaskan proses gol itu, kata Ben Arfa kepada Newcastle Chronicle.

Sedangkan striker Meksiko U-20 Olivia Jimenez menjadi satu-satunya pesepak bola putri yang masuk nominasi. Olivia mencetak gol indahnya ke gawang Swiss di ajang Piala Dunia U-20 Putri di Jepang pada 22 Agustus lalu.

Pemenang Puskas award ditentukan melalui voting terbanyak baik di situs resmi FIFA maupun France Football. Voting yang dimulai sejak dua hari lalu (14/11) sampai 29 November nanti bakal menyeleksi tiga nominasi gol terbaik yang akan bersaing dalam gala Ballon dOr di Kongresshaus, Zurich, pada 7 Januari 2013.

Sementara itu, FIFA menolak untuk memasukkan gol indah Zlatan Ibrahimovic ke gawang Inggris kemarin WIB (15/11) dalam nominasi gol terbaik 2012. FIFA beralasan voting komite pemilihan nominasi gol terbaik peraih Puskas Award tahun ini sudah ditetapkan dan tidak mungkin memasukkan nomine tambahan.

Tapi, gol Ibra bisa dimasukkan dalam daftar nominasi peraih Puskas Award tahun depan. Gol Zlatan Ibrahimovic terjadi hanya beberapa jam setelah voting atas sepuluh kandidat peraih Puskas Award tahun ini ditutup. Demikian rilis FIFA di situs resmi organisasi kemarin.

Sebagai catatan, tahun lalu Ibra juga masuk nominasi. Yakni, lewat golnya ke gawang Lecce di ajang Serie A semasa Ibra masih memperkuat AC Milan. Tapi, golnya tidak mampu menembus tiga besar. (dns)

Sepuluh Nomine Gol Terbaik Dunia 2012
-- Hatem Ben Arfa (Newcastle) v Blackburn Rovers - 7 Januari 2012
-- Gaston Maella (Nacional Potosi) v The Strongest - 29 Januari 2012
-- Radamel Falcao (Atletico Madrid) v America de Cali - 19 Mei 2012
-- Olivia Jimenez (Mexico) v Swiss - 22 Agustus 2012
-- Lionel Messi (Argentina) v Brasil - 9 Juni 2012
-- Moussa Sow (Fenerbahce) v Galatasaray - 17 Maret 2012
-- Miroslav Stoch (Fenerbahce) v Genclerbirligi - 3 Maret 2012
-- Emmanuel Agyemang-Badu (Ghana) v Guinea - 1 Februari 2012
-- Eric Hassli (Vancouver) v Toronto - 16 Mei 2012
-- Neymar (Santos) v Internacional - 7 Maret 2012

0Komentar

Apakah era Louis Van Gaal di Manchester United akan lebih baik dari musim lalu?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1. 72 %
    1. Ya
    743 jumlah respon
  2.  
    15 %
    2. Tidak
    152 jumlah respon
  3.  
    13 %
    3. Ragu-ragu
    134 jumlah respon

Total Respon: 1.029
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft