JPNN
Updated: Wed, 01 May 2013 09:41:00 GMT | By JPNN

Sriwijaya FC Kejar Posisi Dua



JPNN
PALEMBANG - Sriwijaya FC bakal jalani laga pamungkas putaran pertama Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013, tandang ke Persiram Raja Ampat, Kamis (2/5). Menghadapi salah satu klub asal Papua tersebut, head coach Sriwijaya FC, Kashartadi tidak pasang target muluk-muluk cukup mencuri satu poin.

Kendati Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) sedang diatas angin pasca mempermalukan tuan rumah Persidafon Dafonsoro 3-1 (0-1), di Sentani, (28/4) lalu. "Ya, kami sih realistis saja. Seri tidak apa-apa menang tambah bagus asal jangan kalah begitu saja," ujar Kas -sapaan akrabnya-, Selasa (30/4).

Meski demikian klub kebanggaan masyarakat Sumsel ini bukan tampa ambisi. Selain ingin menutup paro musim dengan hasil bagus, juga berniat mempertahankan rekor selalu menang saat head to head dengan James Koko Lomel dan kawan-kawan. Ya, sepanjang sejarah pertemuan kedua kesebelasan klub dengan markas di Stadion Bumi Sriwijaya memang selalu unggul.

Mereka menang 1-0 saat tarung pada laga lanjutan ISL 2011/2012 di Jakabaring, (17/3/2012) silam dan unggul 2-1 saat berjibaku di Sorong, (17/5/2012) lalu. So, lumrah jika Ponaryo Astaman dan kawan-kawan masih dibilang punya kans menang. "Rekor pertemuan kita unggul. Tapi bukan berarti kita akan bisa menang mudah besok. Saya kita hasil pertemuan kedua tim atau head to head tidak bisa dijadikan tolak ukur ," tambah dia.

Tentunya para penggawa Laskar Wong Kito harus bekerja ekstra keras dan tampil all out. Kalau tidak bukan tidak mungkin mereka akan menelan pil pahit. "Kita sudah pelajari permainan Persiram dari hasil rekaman beberapa pertandingan. Kami juga sempat melihat secara langsung beberapa pertandingan Persiram lewat televisi," bilang dia.

"Kami lihat memang Persiram memiliki pemain-pemain dengan kualitas merata. Salah satu pemain kita waspadai James Koko Lomel. Meski berperan sebagai pengatur serangan James Koko Lomel, memiliki naluri mencetak gol tinggi. Sebagai bukti sudah menciptakan 10 gol," lanjut dia.

Di samping itu juara bertahan Indonesia Super League (ISL) ini juga masih berpeluang untuk finis pada posisi kedua klasemen akhir paro musim. Mengingat kini skuadra Kashartadi duduk diposisi empat klasemen sementara dengan rangkuman 32 poin hasil 16 laga, 10 menang, 2 imbang dan 4 tumbang dengan mamasukan 31 gol serta kebobolan 24 kali.

Beda 2 poin atas posisi runner up Arema Malang dengan koleksi 34 angka hasil 16 main, 11 victory, 1 seri, 4 kalah dan suplus gol 18. Lalu selisih 1 angka atas Persib Bandung pada posisi ketiga dengan torehan 33 poin, dengan rincian 16 kali tanding, unggul 10 kali, 3 kali berbagi angka, 3 kalah dengan memasukkan 37 gol serta kemasukan 21 kali.

Jika pada laga terakhir Arema kalah dan Persib imbang sementara Sriwijaya menang otomatis Ponaryo Astaman akan tutup paruh musim pada posisi kedua. Untuk finis pada posisi kedua memang terbuka lebar, sebab Singo Edan –julukan Arema- dihari yang sama juga akan sambangi markas Persipura Jaya pura merupakan juara paro musim dengan koleksi 40 poin. Musim ini Persipura belum sekalipun menyentuh kekalahan bahkan jika main dikandang mereka selalu menang.

Sedangkan Persib bandung bakal lawatan ke Lamongan. Sebagaimana diketahui Persela Lamongan sekarang sedang butuh poin untuk mengejar papan tengah. Bisa saja Mario Costas dan kawan-kawan tampil all out untuk mengbur mimpi Maung Bandung –julukan Persib- finis pada posisi kedua. “Kalau melihat performa tim mampu bangkit dengan cepat usai di kalahkan Persipura kami sangat optimis bisa menang lawan Persiram,” timpal H Hendri Zainuddin, Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM) selaku pengelola Sriwijaya FC.

“Awalnya kami juga tidak mengira jika Sriwijaya mampu mengalahkan Persidafon 3-1. Nah kalau melihat permainan Sriwijaya waktu itu bukan tidak mungkin mereka akan mampu mengalahkan Persiram,” tukas pria berkaca mata ini.

Di sisi lain Persiram juga tidak mau dibuat malu di kandang. James Koko Lomel dan kawan-kawan juga berharap bisa meraih poin maksimal di penghujung putaran pertama. Pelatih kepala Persiram, Jaya Hartono mengaku sudah siap mengerahkan seluruh tenaga anak buahnya untuk amankan tiga poin. “Semua pemain dalam kondisi siap tempur dan kami berharap bisa meraih tiga poin. Karena kami main di kandang sendiri,” timpal dia.

Eks pelatih Persik Kediri ini menilai Sriwijaya memiliki banyak pemain bintang. Bahkan ia mengakui secara kualitas komposisi pemainnya kalah di banding klub asal Palembang ini. “Memang kita kalah kelas, tapi kami tidak boleh menyerah dan kami sangat yakin bisa mengatasi permainan Sriwijaya,” tukas dia. (ion/cj5)

0Komentar

Menurut anda, siapakah yang paling tepat menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1.  
    3 %
    1. Adhie MS
    73 jumlah respon
  2.  
    4 %
    2. Adian Napitupulu
    99 jumlah respon
  3.  
    13 %
    3. Anies Baswedan
    348 jumlah respon
  4.  
    17 %
    4. Bambang Pamungkas
    435 jumlah respon
  5.  
    4 %
    5. Budiman Sudjatmiko
    108 jumlah respon
  6.  
    36 %
    6. Erick Thohir
    955 jumlah respon
  7.  
    1 %
    7. Herry Zudianto
    30 jumlah respon
  8.  
    0 %
    8. Martin Manurung
    25 jumlah respon
  9.  
    12 %
    9. Susi Susanti
    310 jumlah respon
  10.  
    6 %
    10. Utut Adianto
    147 jumlah respon
  11.  
    4 %
    11. Yayuk Basuki
    97 jumlah respon

Total Respon: 2.627
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft