JPNN
Updated: Wed, 28 Aug 2013 03:13:00 GMT | By JPNN

Tunggu Konfirmasi Tujuh Negara, Peserta ISG Palembang 2013



JPNN
JAKARTA - Belum tetapnya jumlah negara peserta Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013 Palembang membuat panitia pelaksana atau Indonesia Islamic Solidarity Games Organizing Committee (InaIsgoc) sedikit ketar-ketir. Pasalnya, penetapan jumlah negara peserta amat berpengaruh dengan persiapan akomodasi.

Deputi I InaIsgoc Djoko Pramono mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menantikan konfirmasi keikutsertaan tujuh negara di multieven yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, pada 22 September - 1 Oktober 2013 itu.

"Dari tujuh negara tersebut, empat di antaranya sudah mengonfirmasi keikutsertaan mereka secara lisan dan sudah terdata dalam daftar negara peserta. Sedang tiga negara lain, belum mendaftarkan nama atlet dan ofisial mereka," papar Djoko, Selasa (27/8).

Dijelaskan Djoko, ketujuh negara yang masih ditunggu konfirmasinya sampai 31 Agustus mendatang nanti adalah Malaysia, Gabon, Tunisia, Kamerun, Somalia, Senegal, dan Jibouti. Tiga negara disebut terakhir merupakan negara yang hingga kini belum mengirimkan jumlah dan nama atlet serta ofisialnya.

"Kami tidak tahu alasannya. Yang jelas kami hormati putusan kongres ISSF (Islamic Solidarity Sports Federation) yang telah menyetujui mereka ikut," ujarnya.

Saat Palembang ditunjuk sebagai tuan rumah ISG 2013, menggantikan Riau, panitia pusat memastikan pesta olahraga negara-negara Islam itu bakal diikuti 25 negara dari 56 negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI). Namun, jumlah tersebut kemudian bertambah hingga menjadi 38 negara. Imbasnya, penyiapan sarana akomodasi, trasportasi, dan konsumsi untuk ISG 2013 dipastikan ikut bertambah.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana ISG (InaISGOC) Tingkat Daerah, Muddai Madang, menjelaskan, kepastian penambahan tujuh negara peserta ini sangat dinantikan guna mengakomodir fasilitas serta penyusunan jadwal pertandingan. Hal tersebut berkaitan dengan pelaksanaan beberapa cabang olahraga (cabor) yang sudah mulai dipertandingkan satu pekan sebelum ISG dibuka secara resmi pada 22 September. "Contohnya, cabor bola basket yang mulai dipertandingkan pada 16 September," ujar Muddai.

"Selain masalah jadwal pertandingan, panitia daerah juga harus siap menambah kamar serta penyediaan konsumsi, dan menambah tenaga sukarelawan untuk mendampingi mereka selama di Palembang," tukasnya.(fay)

Daftar Negara Peserta ISG III 2013 Palembang (yang sudah konfirmasi)

1. Aljazair
2. A zerbaijan
3. Brunei Darussallam
4. Burkina Faso
5. Gambia
6. Guinea
7. Guyana
8. Indonesia (tuan rumah)
9. Iran
10. Irak
11. Kuwait
12. Libya
13. Malade wa
14. Maroko
15. Mauritania
16. Mesir
17. Nigeria
18. Oman
19. Pakistan
20. Palest ina
21. Qatar
22. Saudi Arabia
23. Sudan
24. Suriah
25. Tajikistan
26. Turki
27 . Turkmenistan
28. Uganda
29 . Uni Emirat Arab
30. Yaman
31. Yordania

1Komentar
27 Agu, 2013 18:49
avatar
Ada baiknya negara kita tidak berfoya-foya dengan rezeki yang diberikan kepada bangsa kita ("anggaran negara"). Ini akan mengundang murka Ilahi, paling tidak dikurangi rezekinya karena tidak pandai bersyukur.
Kalaupun mendapat medali, nilai prestasinya semu, karena medali yang paling berharga adalah Olimpiade.
AS, setahu saya, hanya mengikuti lomba-lomba yang prestasinya diakui di tingkat dunia; pembinaan hanya dilakukan di tingkat lomba-lomba nasional dan targetnya rekor dunia.
Jadi, sebaiknya keikutsertaan dalam foya-foya seperti ini diakhiri, termasuk lomba yang nilainya kurang berarti seperti SEA Games atau Asian Games. Lebih baik kita fokus ke ajang yang berisi prestasi sejati, Olimpiade.
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

Menurut anda, siapakah yang paling tepat menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1.  
    2 %
    1. Adhie MS
    6 jumlah respon
  2.  
    3 %
    2. Adian Napitupulu
    8 jumlah respon
  3.  
    15 %
    3. Anies Baswedan
    36 jumlah respon
  4.  
    18 %
    4. Bambang Pamungkas
    44 jumlah respon
  5.  
    4 %
    5. Budiman Sudjatmiko
    9 jumlah respon
  6.  
    35 %
    6. Erick Thohir
    87 jumlah respon
  7.  
    2 %
    7. Herry Zudianto
    5 jumlah respon
  8.  
    1 %
    8. Martin Manurung
    3 jumlah respon
  9.  
    12 %
    9. Susi Susanti
    30 jumlah respon
  10.  
    4 %
    10. Utut Adianto
    9 jumlah respon
  11.  
    4 %
    11. Yayuk Basuki
    11 jumlah respon

Total Respon: 248
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft