Updated: Tue, 18 Jun 2013 07:27:00 GMT

Profesi Pemain Timnas Tahiti, dari Kuli Sampai Pemanjat Pohon

Personel skuat Timnas Tahiti ternyata memiliki karier yang unik di luar sepakbola. Ada juga pemain yang menjadi pemanjat pohon kelapa.


Profesi Pemain Timnas Tahiti, dari Kuli Sampai Pemanjat Pohon

Liputan6.com, Brasilia : Delapan tim peserta Piala Konfederasi yang digelar di Brasil 15-30 Juni 2013 adalah tim juara di masing-masing benua yang diklasifikasikan dalam bentuk zona. Para pemain dari setiap tim hampir bisa dipastikan terdiri dari para pesepakbola profesional yang berlaga di klub-klub top. Kecuali skuat Timnas Tahiti.

Para personel Timnas Tahiti yang menjadi juara di Zona Oceania 2012 itu tak semua berasal dari kalangan profesional sepakbola. Bahkan ada yang mempunyai profesi jauh dari urusan sepakbola. Menurut sang pelatih Eddy Etaeta beberapa pemainnya memang tidak fokus bermain bola. Bahkan ada personelnya yang sehari-hari bekerja serabutan tak terkait sama sekali dengan dunia sepakbola.

"Kami memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda, tapi sembilan pemain timnas adalah pengangguran. Beberapa dari mereka ada yang kurir, sopir truk, dan ada juga yang guru olahraga, atau sebagai akuntan," ujar Eddy sang pelatih Timnas Tahiti yang berjuluk Fenua itu.

"Kami juga memiliki pemain (Teheivarii Ludivion) yang bangun pukul 04.30 pagi untuk pergi ke gunung," ujar Etaeta menjelaskan.

"Dia adalah pendaki gunung. Tapi dia akan memanjat apa saja. Dia memanjat pohon kelapa, memanjat apa pun. Lalu dia datang ikut berlatih. Itulah kesehariannya. Dia memanjat pohon kelapa dan pergi ke gunung," ungkap Eddy Etaeta.

Ludivion bahkan diketahui memperoleh income keuangan dari badan konservasi di Tahiti. Kondisi itu jauh berbeda seperti kapten Timnas Tahiti Marama Vahirua yang berstatus sebagai pemain klub Ligue 1 Nancy di Prancis.

Sang pelatih menjelaskan memang ada jurang yang amat lebar antara pemain amatir dan profesional yang ada di Timnas Haiti. Namun Etaeta telah menjelma menjadi sosok ayah bagi para pemain timnas yang mampu mengayomi semua pemain. Etaeta telah mengenal para pemainnya sejak mereka masih berusia 12-13 tahun.

Tahiti merupakan pulau terbesar di kawasan Kepulauan Polynesia Prancis di Lautan Pasifik dengan luas 1.045 kilometer persegi. Jumlah penduduk di kawasan dengan kota terbesar Papeete ini sekitar 180 ribu jiwa. Populasi terbesar di Tahiti adalah etnis Tahiti. (TS/*)

Baca juga:
* Arema Sambut Ketertarikan Manchester City
* [VIDEO] Suporter Wanita Rela Telanjang demi Tim Kesayangan
* Jacksen Tiago Jelaskan Kenapa Tidak Ingin Jadi WNI
* Bocoran Sepatu yang Dipakai Skuat Liverpool Berbau Seks
* Siap Lepas Suarez, Liverpool Minta Satu Pemain Muda Madrid
* Kalahkan MU, Arsenal Boyong Titisan Robben
* Diincar Arsenal, Pemain Marseille Malah Pilih Liverpool
* Jacksen akan Panggil Pemain Baru untuk Timnas
* Arsenal Terancam Batal ke Vietnam, Bagaimana Indonesia?
* Chelsea Gaet Pemuda 14 tahun

0Komentar

Apakah era Louis Van Gaal di Manchester United akan lebih baik dari musim lalu?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1. 73 %
    1. Ya
    802 jumlah respon
  2.  
    15 %
    2. Tidak
    165 jumlah respon
  3.  
    12 %
    3. Ragu-ragu
    138 jumlah respon

Total Respon: 1.105
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft