Updated: Mon, 30 Jul 2012 15:26:26 GMT

Oscar Pistorius, Atlet Cacat Peserta Olimpiade

Salah satu atlit Afrika Selatan, Oscar Pistorius akan jadi atlit penyandang cacat pertama bertarung melawan atlit normal.


Oscar Pistorius, Atlet Cacat Peserta Olimpiade

Liputan6.com, London: Olimpiade 2012 yang digelar di London, Inggirs, akan mencatat sejarah baru. Salah satu atlit Afrika Selatan, Oscar Pistorius akan jadi atlit penyandang cacat pertama bertarung melawan atlit normal. Lahir tanpa tulang fibula atau salah tulang kaki di bawah lutut lantaran diamputasi kedua kakinya saat usianya baru 11 bulan. Kini ia menjadi pelari handal dengan bekal dua kaki palsu.

Pistorius jadi atlit Afsel dalam nomor 400 meter putra dan lari estafet 4x400 meter. Perjalanan Pistorius ke olimpiade sempat tersendat. Tahun 2008, ia dilarang bertanding dalam kompetisi nonpenyandang cacat oleh Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) karena kaki palsunya dianggap memberi kelebihan dibanding atlit normal. Namun keputusan IAAF lalu dibatalkan pengadilan arbitrasi olahraga.

Sementara itu salah satu kegiatan seru yang dilakukan penonton Olimpiade adalah berburu cindera mata termasuk pin. Ternyata, olimpiade menarik kolektor pin dari seluruh dunia. Para kolektor tak hanya bisa membeli pin dari Olimpiade 2012 tapi bertukar pin dari olmpiade-olimpiade terdahulu dengan kolektor lain. Kebanyakan pin berpindah tangan tanpa melibatkan uang dalam transaksinya dengan cara barter. Kecuali untuk pin tertentu yang sangat langka dan diburu banyak kolektor dijual dengan harga mahal.(JUM)

0Komentar
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft