Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Atletik

Boleh dibilang sebagai olahraga yang paling bergengsi dan populer dari semua cabang olahraga Olimpiade, perlombaan atletik menjanjikan banyak momen luar biasa dalam Olimpiade London 2012.


Balok start untuk lomba lari cepat atletik. (© Press Association)

Balok start untuk lomba lari cepat atletik.

Atletik

Boleh dibilang sebagai olahraga yang paling bergengsi dan populer dari semua cabang olahraga Olimpiade, perlombaan atletik menjanjikan banyak momen luar biasa dalam Olimpiade London 2012.

Olahraga ini telah mencetak beberapa prestasi paling tersohor dalam sejarah Olimpiade, dan semua mata akan tertuju ke Olympic Stadium ketika para bintang lintasan dan lapangan beraksi.

Olahraga ini memiliki tradisi yang kental dalam sejarah Olimpiade. Lomba lari berbagai jarak pertama kali diselenggarakan sebagai bagian dari Olimpiade kuno, dengan lembing, cakram, dan lompat jauh, meski tidak dipertandingkan secara perorangan, juga merupakan bagian dari pancalomba terdahulu di Yunani.

Sejak Olimpiade pertama era modern, yang digelar di Athena pada 1896, hampir 20.000 atlet telah bertanding di cabang olahraga atletik dalam Olimpiade, sehingga membantu cabang olahraga ini menjadi tonggak Olimpiade.

Lari cepat 100 meter masih dianggap sebagai tontonan unggulan dari keseluruhan Olimpiade - meski hanya berlangsung sekitar 10 detik - tetapi masih banyak juga aksi lain yang membangkitkan daya tarik luar biasa besar di sepanjang 10 hari pertandingan lintasan dan lapangan.

Secara keseluruhan, ada 47 medali emas yang diperebutkan, dengan 24 pertandingan untuk putra dan 23 untuk putri. Tidak ada nomor jalan cepat 50 km untuk putri, yang juga berlaga dalam sapta lomba alih-alih dasalomba, tetapi di luar nomor-nomor tersebut, semua pertandingan sama untuk putra dan putri.

Struktur dan keahlian yang dibutuhkan untuk tiap-tiap nomor amat sangat berbeda, di mana peserta lomba lari cepat (100 m, 200 m dan 400 m) harus berlaga dalam beberapa babak, sementara maraton dan lomba lari jarak jauh lainnya digelar dalam satu putaran.

Dalam pertandingan lempar (cakram, peluru, lembing, dan martil) dan pertandingan lompat (lompat jauh, lompat tinggi, lompat jangkit, dan lompat galah), para atlet harus lolos dari babak kualifikasi sebelum memasuki kemeriahan putaran final, ketika upaya terbaik diperhitungkan.

Dalam pertandingan campuran (dasalomba untuk putra dan sapta lomba untuk putri), para atlet mengumpulkan poin dari berbagai cabang olahraga yang berbeda dan medali emas akan didapatkan oleh atlet yang memperoleh skor tertinggi secara keseluruhan.

Beberapa pertandingan atletik terakhir yang akan digelar di dalam Olympic Stadium adalah lomba estafet, yang senantiasa menjadi penutup yang seru.

Amerika Serikat - yang dianggap sebagai kekuatan dominan dalam estafet - telah memenangkan lebih dari 700 medali atletik sejak 1896, sementara negara lain tidak ada yang pernah mencapai angka 200.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft