Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Bola Tangan

Tujuan dasar permainan bola tangan sangat mirip dengan sepak bola, dengan satu perbedaan jelas.


Pemain bola tangan bersiap melempar bola. (© Press Association)

Pemain bola tangan bersiap melempar bola.

Bola Tangan

Tujuan dasar permainan bola tangan sangat mirip dengan sepak bola, dengan satu perbedaan jelas.

Pemain menggunakan tangan dan bukan kaki untuk menggerakkan bola dan menaklukkan penjaga gawang lawan, dengan formatnya yang menghasilkan laju pertandingan yang cepat berarti Anda dapat berharap untuk menyaksikan cukup banyak gol yang dicetak dalam suatu permainan biasa.

Bola tangan sebenarnya merupakan olahraga yang jauh lebih tua daripada sepak bola dan sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Odyssey karya Homer menyebut suatu bentuk olahraga yang serupa dengan bola tangan dimainkan di pulau Faiakes (Corfu), sementara bentuk primitif dari permainan ini digambar di atas lempengan pualam di Akropolis Athena yang sudah ada sejak 600 SM.

Olahraga yang kita kenal saat ini berasal dari versi luar ruangan dari bola tangan yang pertama kali dimainkan di Skandinavia dan Jerman di akhir abad ke-19, dengan versi satu tim beranggotakan 11 pemain digelar sebagai pertandingan demonstrasi dalam Olimpiade Berlin 1936.

Versi bola tangan dalam ruangan dengan tim yang beranggotakan tujuh orang dikembangkan di Skandinavia dan olahraga ini dengan cepat meningkat popularitasnya di seluruh Eropa, akhirnya memperoleh penampilan perdana penuh di Olimpiade Munich 1972 untuk putra dan Montreal 1976 untuk putri.

Bola tangan adalah permainan beregu cepat yang menuntut kekuatan fisik, melibatkan dua tim yang masing-masing terdiri dari tujuh pemain yang mengoper, melempar, menangkap dan menggiring bola kecil, yang terbuat dari kulit, dengan tujuan untuk mencetak gol.

Olahraga ini mencetak banyak gol, dengan satu pertandingan tunggal sering kali dapat mencetak gol sebanyak 50 buah. Tiap-tiap pertandingan terdiri dari dua paruh 30 menit dengan istirahat 10 menit di antaranya.

Karakter olahraga ini yang hingar-bingar dari awal hingga akhir, bersamaan dengan ketangkasan, stamina dan kekuatan yang dipertontonkan oleh pemain terbaik dunia, menjadikan bola tangan sebagai salah satu tontonan yang paling seru dalam ajang Olimpiade.

Pertandingan putra dan putri dimulai dengan sistem setengah kompetisi dengan dua grup yang masing-masing terdiri dari enam tim, sebelum empat tim terbaik dari setiap grup maju ke babak gugur yang menjadi ajang perebutan medali.

Negara-negara Eropa biasanya mendominasi olahraga ini, dengan Prancis menjadi juara nomor putra di Beijing 2008.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft