Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Gulat – Gaya Bebas

Kebebasan teknik yang lebih leluasa yang berlaku bagi peserta gaya bebas telah memungkinkan cabang olahraga ini menjadi semakin populer dalam format gulat Olimpiade sejak penampilan perdananya pada 1904.


Johanna Mattsson biru dan Xiluo Zhuoma berlaga dalam gulat gaya bebas. (© Press Association)

Johanna Mattsson (biru) dan Xiluo Zhuoma berlaga dalam gulat gaya bebas.

Gulat – Gaya Bebas

Kebebasan teknik yang lebih leluasa yang berlaku bagi peserta gaya bebas telah memungkinkan cabang olahraga ini menjadi semakin populer dalam format gulat Olimpiade sejak penampilan perdananya pada 1904.

Kendati sejarah Yunani-Romawi yang lebih panjang dan ternama, yang sudah ada sejak zaman purba, modifikasi gaya bebas berarti banyak pembatasan yang sama tidak berlaku, di mana pegulat diperbolehkan menggunakan semua bagian tubuh untuk mencoba mengalahkan dan menguasai lawan.

Selain keahlian teknik yang dibutuhkan untuk menguasi tangkapan dan lemparan yang berlainan guna memperoleh pitingan, pegulat juga membutuhkan stamina tinggi untuk mempertahankan serangan mereka dalam salah satu olahraga yang paling menengangkan.

Pertandingan dapat berakhir lebih awal jika pegulat memenangkan dua periode pertama - dengan keseluruhan tiga periode yang ikuti - atau memiting bahu lawan ke lantai. Namun, jika keduanya tidak terjadi, maka peserta dengan poin terbanyak setelah tiga ronde dinyatakan sebagai pemenang.

Sebelum diperkenalkannya sistem poin, pertandingan gulat berlangsung hingga salah satu pegulat dipaksa ke lantai dan ini artinya beberapa pertandingan berlangsung selama berjam-jam sebelum diperoleh pemenangnya. Dalam formatnya saat ini, setiap ronde berlangsung dua menit, dengan istirahat 30 detik di antara ronde.

Terdapat tujuh pembagian berat gaya bebas untuk putra dan empat untuk putri di London 2012, di mana atlet putri pertama kali bertanding di ajang Olimpiade Athena 2004.

Kompetisi gulat gaya bebas digelar dengan sistem gugur langsung, di mana dua semi-finalis pemenang memperebutkan emas. Pegulat yang kalah dari para finalis di tahap mana pun dari kompetisi diberikan kesempatan untuk memperebutkan salah satu dari dua medali perunggu di tahap repechage.

Rusia, Jepang dan Amerika Serikat sejak dahulu telah menjadi negara dominan dalam gulat gaya bebas, meski negara seperti Iran dan Azerbaijan juga telah menikmati kesuksesan di cabang olahraga ini.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft