Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Kano Cepat

Berkano merupakan salah satu olahraga yang paling menuntut kekuatan fisik dan asal mulanya dapat dilacak hingga zaman kuno.


Pedayung sedang beraksi dalam kano cepat. (© Press Association)

Pedayung sedang beraksi dalam kano cepat.

Kano Cepat

Berkano merupakan salah satu olahraga yang paling menuntut kekuatan fisik dan asal mulanya dapat dilacak hingga zaman kuno.

Bukti keberadaan kano yang pertama ditemukan di dekat Sungai Eufrat di Asia dan berusia lebih dari 6.000 tahun.

Peradaban terdahulu melubangi pohon untuk digunakan sebagai perahu primitif demi keperluan transportasi, memancing dan berburu, tetapi baru pada 1860-an berkano pertama kali mulai digunakan sebagai olahraga kegemaran.

Penjelajah Inggris, John MacGregor, mengadaptasi rancangan kayak kuno dan memberikan inspirasi bagi orang-orang yang berlaga dalam regatta dan pada 1865 Royal Canoe Club didirikan di Inggris - yang merupakan perkumpulan kano pertama.

Olahraga ini berkembang popularitasnya ketika orang Inggris mulai memperkenalkan konsep tersebut ke negara lain dan, pada 1924, lomba demonstrasi kano perairan tenang digelar dalam ajang Olimpiade.

Cabang olahraga ini memperoleh status medali penuh di Berlin 1936 dan, meski beberapa perlombaan dulu diadakan hingga 10.000 m, sekarang tren berkembang menuju perlombaan yang jauh lebih pendek dan cepat yang telah menaikkan pamor cabang olahraga kano cepat.

Dalam format kano cepat saat ini, pedayung berlaga dalam kayak atau kano, yang desainnya jauh lebih sempit dibandingkan yang digunakan dalam perlombaan slalom kano supaya dapat diperoleh kecepatan yang lebih tinggi di atas perairan tenang.

Kayak adalah perahu yang bagian atasnya tertutup yang digerakkan dari posisi duduk dengan menggunakan dayung yang dipegang dengan kedua tangan. Tidak seperti kayak, kano dioperasikan dengan menggunakan dayung bersisi tunggal dari posisi berlutut.

Dalam struktur perlombaan besar kano cepat international, seperti pertandingan di London 2012, para pedayung saling bertarung dalam perlombaan satu lawan satu di dalam lajur dengan jarak yang berkisar dari 200 m hingga 1.000 m.

Kekuatan, kecepatan, stamina dan koordinasi semuanya dibutuhkan dalam porsi yang sama untuk dapat keluar sebagai pemenang dan meraih posisi teratas di podium.

Atlet putra berlomba dalam kano dan kayak di ajang Olimpiade, sementara putri hanya berlaga dalam kayak.

Perlombaan putra berlangsung di nomor kano tunggal dan ganda, sementara putra dan putri sama-sama berlaga di nomor perahu tunggal, ganda atau empat dalam perlombaan kayak.

Dalam semua perlombaan kano cepat, para atlet berlaga dalam serangkaian babak untuk berusaha lolos ke babak final di mana medali diperebutkan.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft