Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Menembak

Pendiri Olimpiade modern, Baron Pierre de Coubertin, adalah penggemar menembak jadi tidaklah mengherankan jikalau olahraga ini telah muncul dalam semua pertandingan Olimpiade, kecuali dua kali sejak Olimpiade perdana tahun 1896.


Penembak sedang membidik. (© Press Association)

Penembak sedang membidik.

Menembak

Pendiri Olimpiade modern, Baron Pierre de Coubertin, adalah penggemar menembak jadi tidaklah mengherankan jikalau olahraga ini telah muncul dalam semua pertandingan Olimpiade, kecuali dua kali sejak Olimpiade perdana tahun 1896.

Awalnya digelar terutama di Inggris, Amerika Serikat, Irlandia dan Afrika Selatan, cabang olahraga ini dikeluarkan dari jadwal Olimpiade pada 1904 dan 1928, dan semenjak itu menjadi populer di seluruh dunia.

Atlet putri diperkenankan untuk berlomba dalam pertandingan menembak Olimpiade sejak 1968 sebagai bagian dari kelas campuran, dengan pertandingan terpisah untuk putra dan putri yang belum distandarisasi hingga Atlanta 1996.

Pertandingan menembak dikelompokkan menjadi tiga kategori tergantung pada jenis senjata yang digunakan - yaitu senapan, pistol dan senapan patah.

Di kategori senapan dan pistol, peserta menembak target di lapangan tembak dengan jarak 10, 25 dan 50 meter. Tergantung pada pertandingan, tembakan dilepaskan dari posisi berdiri, berlutut atau berbaring (terlungkup).

Adapun dalam kategori senapan patah, peserta menembaki target tanah liat yang diluncurkan dari arah yang berbeda dan posisi yang berbeda di lapangan tembak.

Terdapat 15 perlombaan menembak dalam Olimpiade, enam untuk putri dan sembilan untuk putra. Di tiap-tiap perlombaan, peserta mengikuti babak penyisihan dan penembak terbaik maju ke babak final.

Di babak final, skor perorangan dari kedua babak dijumlah untuk menentukan penempatan medali.

Markas pasukan artileri kerajaan Inggris Royal Artillery Barracks, yang sudah ada sejak abad ke-18, adalah arena bersejarah untuk kompetisi menembak di London 2012.

Lapangan tembak dalam ruangan sementara telah dibangun untuk perlombaan pistol dan senapan, dan lapangan tembak luar ruangan untuk kompetisi menembak sasaran bergerak (skeet and trap).

Cina memimpin di kandang sendiri sebagai negara yang paling sukses dalam menembak di Beijing 2008 dengan perolehan lima medali emas, meski AS telah memenangkan medali terbanyak di seluruh Olimpiade musim panas, dengan jumlah 103 medali sebelum London 2012.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft