Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Renang

London memainkan peranan penting dalam perkembangan renang sebagai cabang olahraga Olimpiade dan gelanggang renang Olimpiade 2012 sekali lagi merupakan latar belakang yang pas.


Michael Phelps asal AS mencapai perolehan delapan medali emas di Beijing 2008. (© Press Association)

Michael Phelps asal AS mencapai perolehan delapan medali emas di Beijing 2008.

Renang

London memainkan peranan penting dalam perkembangan renang sebagai cabang olahraga Olimpiade dan gelanggang renang Olimpiade 2012 sekali lagi merupakan latar belakang yang pas.

Renang adalah bagian dari Olimpiade modern perdana di Athena 1896 di mana olahraga tersebut berlangsung di tempat yang sederhana, dengan sungai, laut dan danau digunakan dalam Olimpiade terdahulu.

London 1908 menandai kali pertama kolam renang digunakan dan 40 tahun kemudian kota London menjadi yang pertama lagi ketika Olimpiade kembali ke ibukota Inggris, karena Empire Pool menjadi kolam renang tertutup pertama yang digunakan dalam ajang Olimpiade.

Singkat kata pada 2012, London sekali lagi menciptakan tren baru, dengan renang yang akan dilangsungkan di gelanggang renang tertutup Aquatics Centre yang berpenampilan futuristik dengan desain atap khas seperti ombak.

Perlombaan renang dalam Olimpiade terutama berbasis di kolam 50 meter, dengan delapan lajur, meski Beijing 2008 juga menghadirkan lomba maraton perairan terbuka untuk yang pertama kalinya.

Olahraga ini mengikutsertakan empat gaya - gaya bebas, kupu-kupu, punggung dan dada - dan seluruhnya terdapat 18 perlombaan bermedali yang berbeda dalam jadwal Olimpiade, mulai dari jarak 50 meter hingga 1.500 meter di kolam renang dan 10 km di perairan terbuka.

Seperti juga lomba perorangan, tiga estafet beregu (gaya bebas 4x100 m, gaya ganti 4x100 m dan gaya bebas 4x200 m) menjadi bagian dari perlombaan untuk putra dan putri. Dan tidak seperti atletik, di mana lomba estafet diselenggarakan di akhir program, dalam renang estafet digelar di sepanjang pertandingan mulai dari pagi hari pertama kompetisi dan seterusnya.

Lomba yang kurang dari 400 m di kolam renang meliputi penyisihan, semi-final dan final, dengan delapan perenang atau tim maju bertarung memperebutkan medali, sementara lomba 10 km merupakan pertandingan dengan start massal.

Sebagai salah satu olahraga yang paling membutuhkan kekuatan fisik dalam Olimpiade, perenang memerlukan berbagai keterampilan yang berbeda tergantung pada gaya yang mereka tampilkan. Namun, prinsip dasar dari setiap perlombaan adalah atlet menggunakan posisi tubuh untuk menjadikan mereka seramping mungkin, memangkas seretan dan membuat mereka bergerak dalam air dengan cepat.

Meski kecepatan dan kekuatan sama-sama penting, perlunya memiliki ritme yang mantap dan daya pemulihan juga sangatlah penting.

Fakta bahwa sebagian besar perenang berlaga di lebih dari satu gaya dan di lebih dari satu jarak lomba, serta berlaga di nomor estafet, berarti bahwa beberapa nama tersohor - seperti Michael Phelps dari AS, yang memenangkan delapan medali emas di Beijing 2008, dan Stephanie Rice asal Australia - mendapati diri berlomba di antara dua hingga 15 pertandingan dalam jangka waktu hanya delapan hari.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft