Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Renang Indah

Memberikan kesan yang mantap dan pemandangan yang sedap di mata juri adalah perbedaan yang dapat menentukan antara kemenangan dan kekalahan dalam renang indah.


Tim Rusia berlaga dalam renang indah. (© Press Association)

Tim Rusia berlaga dalam renang indah.

Renang Indah

Memberikan kesan yang mantap dan pemandangan yang sedap di mata juri adalah perbedaan yang dapat menentukan antara kemenangan dan kekalahan dalam renang indah.

Juri di sisi kolam menilai peserta dari kesan artistik dan prestasi teknik, memberikan nilai maksimal 10 untuk koreografi, penjiwaan musik dan sikap penyajian sewaktu perenang melakukan serangkaian gerakan bagai tarian.

Penyajiannya bahkan meluas pada penampilan perenang, dengan perenang memakai kostum warna-warni yang mencolok mata dan tata rias tahan air untuk melengkapi rangkaian gerakan dan pilihan musik mereka.

Perhatian yang begitu mendetail tersebut telah membantu memberikan olahraga ini reputasi sebagai salah satu cabang olahraga yang paling heboh dan teatrikal dalam ajang Olimpiade.

Renang indah sering dilukiskan sebagai 'balet air’, karena perenang melakukan semua sikap manuver dengan iringan musik, tetapi meski tampak anggun, olahraga ini benar-benar menuntut.

Atlet membutuhkan kekuatan, kelenturan dan stamina yang tidak sedikit, karena mereka menghabiskan dua pertiga gerakan di dalam air, di mana pengeras suara di bawah air memungkinkan mereka mendengar musiknya.

Olahraga ini merupakan salah satu dari dua cabang olahraga dalam Olimpiade yang diperlombakan khusus untuk putri - yang lain adalah senam ritmik - meskipun tampaknya renang indah sesungguhnya pertama kali ditampilkan oleh putra Jerman pada 1890.

Di awal abad ke-20, atlet seperti Annette Kellerman asal Australia dan Katherine Curtis asal Amerika membantu mengembangkan kesenian ini sebagai balet air dan kompetisi pertama digelar pada 1930-an.

Namun, baru di Los Angeles 1984-lah olahraga ini pertama tampil di ajang Olimpiade, dengan digelarnya lomba solo dan duet.

Dalam formatnya sekarang ini, perenang melakukan dua rangkaian gerakan dengan iringan musik baik di nomor duet maupun lomba beregu delapan putri.

Gerakan ‘teknis’ menuntut perenang untuk menampilkan serangkaian gerakan yang sudah ditentukan sebelumnya, sementara dalam gerakan 'bebas' perenang diperkenankan untuk mengkoreografi gerakan mereka sendiri.

Juri memberikan skor berdasarkan koreografi, tingkat kesulitan dan eksekusi dan pasangan atau tim yang memperoleh poin terbanyak setelah dua rangkaian gerakan tersebut memenangkan medali emas.

Rusia merupakan negara yang menonjol dalam lomba ini selama bertahun-tahun dan dianugerahi gelar juara di nomor beregu dan duet di Beijing 2008.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft