Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Senam - Ritmik

Pesenam ritmik memadukan keanggunan dan seni untuk menciptakan rangkaian gerakan yang sedap dipandang mata di salah satu dari dua cabang olahraga dalam ajang Olimpiade yang diperlombakan khusus untuk putri - yang satunya lagi adalah renang indah.


Peserta lomba tampil dengan pita di nomor senam ritmik. (© Press Association)

Peserta lomba tampil dengan pita di nomor senam ritmik.

Senam - Ritmik

Pesenam ritmik memadukan keanggunan dan seni untuk menciptakan rangkaian gerakan yang sedap dipandang mata di salah satu dari dua cabang olahraga dalam ajang Olimpiade yang diperlombakan khusus untuk putri - yang satunya lagi adalah renang indah.

Olahraga ini merupakan kombinasi senam dan tari, di mana peserta lomba menampilkan gerakan yang telah dikoreografi di atas lantai seluas 13 meter persegi ditemani iringan musik dengan menggunakan alat seperti simpai, bola, pita dan gada.

Sebelumnya berada di bawah bayang-bayang cabang olahraga senam artistik yang telah lama ada, popularitas senam ritmik secara perlahan mulai meningkat setelah olahraga ini tampil perdana dalam Olimpiade di Los Angeles 1984 - 20 tahun setelah Kejuaraan Dunia Senam Ritmik diadakan di Budapest.

Lomba perorangan dilangsungkan di ajang Olimpiade untuk tiga penampilan pertama olahraga ini dalam Olimpiade, dengan Lori Fung asal Kanada dianugerahi sebagai juara pertama dalam perlombaan all-around perorangan.

Perlombaan beregu, yang semula dipertandingkan oleh tim beranggotakan enam orang, kemudian ditambahkan dalam jadwal Olimpiade di Atlanta, AS pada 1996.

Dalam formatnya saat ini, perlombaan perorangan dan beregu dimulai dengan babak pendahuluan sebelum para pesenam terbaik maju ke babak final.

Dalam pertandingan perorangan, peserta melakukan serangkaian gerakan yang berlainan dengan empat alat dan jika mereka berhasil lolos ke babak final, skor dihitung ulang.

Dalam perlombaan all-around beregu, tim yang beranggotakan lima orang melakukan dua rangkaian gerakan secara bersamaan - yang pertama masing-masing anggota menggunakan alat yang sama dan yang kedua menggunakan kombinasi dua alat yang berbeda.

Panel juri menilai setiap rangkaian gerakan berdasarkan kemampuan atlet untuk melakukan unsur-unsur teknis yang berbeda, seperti loncatan dan pirouette, sambil menggunakan peralatan mereka, semuanya ditambahkan dengan kesulitan menyesuaikan gerakan dengan iringan musik.

Pesenam Rusia secara reguler mendominasi olahraga ini dalam Olimpiade dan Kejuaraan Dunia, dengan Yevgeniya Kanayeva menyabet enam emas dalam Kejuaraan Dunia tahun 2011.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft