Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Taekwondo

Tendangan dan pukulan kencang yang dikaitkan dengan olahraga penuh aksi taekwondo manjadikannya sebagai salah satu tontonan yang paling seru.


Pemain taekwondo menghindari serangan. (© Press Association)

Pemain taekwondo menghindari serangan.

Taekwondo

Tendangan dan pukulan kencang yang dikaitkan dengan olahraga penuh aksi taekwondo manjadikannya sebagai salah satu tontonan yang paling seru.

Dalam seni bela diri ini, peserta lomba menggunakan kombinasi serangan dengan tangan dan kaki untuk mengatasi lawan.

Kombinasi tendangan khas yang sering ditampilkan telah membantu menghasilkan daya tarik massal yang dinikmati olahraga ini sekarang - dengan lebih dari 70 juta orang di lebih dari 190 negara di seluruh dunia ikut ambil bagian dalam taekwondo.

Taekwondo pertama kali dikembangkan di Korea Selatan pada 1950-an, meski asal mulanya sudah ada sejak 2.000 tahun yang lalu.

Sebagai kegemaran nasional, memang sesuai Korea Selatan menjadi tempat pertama ditampilkannya cabang olahraga ini dalam Olimpiade sebagai pertandingan demonstrasi di Seoul 1988.

Taekwondo tampil perdana sebagai perlombaan bermedali penuh di Sydney 2000 dan dalam formatnya saat ini, terdapat delapan kategori berat yang diperlombakan dalam Olimpiade, dengan empat divisi berat untuk putra dan putri.

Atlet berlaga dalam turnamen eliminasi tunggal dengan dua semi-finalis pemenang memperebutkan medali emas.

Semua peserta yang kalah dari finalis dalam tahapan kompetisi mana pun kemudian dimasukkan ke dalam sistem pool untuk mendapatkan kesempatan bertarung melawan semi-finalis yang kalah guna memperebutkan salah satu dari dua medali perunggu dalam tahap repechage.

Pertandingan taekwondo berlangsung di atas lapangan yang berukuran delapan meter persegi dalam tiga ronde yang masing-masing terdiri dari dua menit, dengan poin diberikan untuk tendangan dan pukulan ke zona skor lawan.

Satu poin diberikan untuk tendangan atau pukulan sah ke torso, dua poin untuk tendangan berputar sah dan empat poin untuk tendagan berputar ke arah kepala.

Sistem pencatatan skor elektronik digunakan dengan sensor pada pelindung tubuh dan ‘kaus kaki’, sementara serangan di kepala dinilai oleh juri di sisi lapangan.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft