Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Tenis Meja

Tenis meja dimainkan oleh lebih dari 40 juta orang, menjadikannya sebagai olahraga yang paling banyak dimainkan di seluruh dunia.


Bet dan bola tenis meja. (© Press Association)

Bet dan bola tenis meja.

Tenis Meja

Tenis meja dimainkan oleh lebih dari 40 juta orang, menjadikannya sebagai olahraga yang paling banyak dimainkan di seluruh dunia.

Meski semula dikembangkan sebagai permainan untuk menghibur orang Inggris kelas atas pada abad ke-19, tenis meja telah melalui perjalanan panjang sejak awal yang sederhana dan kini dinikmati di berbagai negara di seluruh penjuru dunia.

Dengan negara-negara Asia yang sungguh jatuh cinta dengan olahraga ini, tidaklah mengherankan jikalau Cina telah mendominasi kompetisi tenis meja putra dan putri dalam ajang Olimpiade sejak olahraga ini pertama kali digelar di Seoul 1988.

Cina telah memenangkan 41 medali sebelum London 2012, menjadikannya sebagai negara tenis meja yang paling sukses.

Terdapat empat pertandingan bermedali dalam Olimpiade, dengan putra dan putri bermain di nomor tunggal serta beregu, yang menggantikan kompetisi ganda di Beijing 2008.

Permainan ini didasari prinsip dasar yang sama dengan tenis, dengan tujuan mencoba mencegah lawan mengembalikan bola melewati net dan jatuh ke sisi meja Anda.

Satu perbedaan besar di antara keduanya adalah pemain yang melakukan servis harus memastikan bahwa bola memantul di sisi meja mereka sebelum meluncur melewati net untuk memulai reli.

Sistem penilaian untuk semua pertandingan tenis meja adalah sama, dengan pemain pertama yang mencapai angka 11 memenangkan pertandingan, asalkan mereka unggul dua poin bersih.

Pertandingan tunggal dimainkan dengan sistem tujuh set terbaik, sementara pertandingan beregu dimainkan dengan sistem lima set terbaik. Pertandingan beregu terdiri dari empat pertandingan tunggal dan satu set ganda.

Ada istirahat satu menit antar set sambil pemain berganti sisi, dengan setiap pemain juga diperbolehkan untuk mengambil istirahat selama satu menit sekali per set.

Semua kompetisi tenis meja dalam Olimpiade dilangsungkan dengan sistem gugur langsung, dengan pemain teratas disaring untuk menghindari saling bertanding hingga babak lebih lanjut.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft