Updated: Mon, 19 Mar 2012 15:43:56 GMT | By pa.press.net

Voli Pantai

Sebagai salah satu olahraga yang paling glamor dalam ajang Olimpiade, voli pantai tidak pernah gagal menyergap imajinasi masyarakat.


Pemain voli pantai memblok pukulan di net. (© Press Association)

Pemain voli pantai memblok pukulan di net.

Voli Pantai

Sebagai salah satu olahraga yang paling glamor dalam ajang Olimpiade, voli pantai tidak pernah gagal menyergap imajinasi masyarakat.

Keterkaitannya dengan mentari dan selebriti California, tempat olahraga ini pertama kali dimainkan pada 1920-an, telah membuatnya memiliki citra bergengsi; bahkan the Beatles pun berhenti sejenak untuk bermain bola voli di Pantai Sorrento, Los Angeles sewaktu mereka sedang naik daun pada 1960-an.

Olahraga ini bermula sebagai kegiatan santai di pantai Amerika Serikat, tetapi daya tariknya yang populer segera membuatnya berkembang menjadi perlombaan profesional yang semarak, dengan berbagai sponsor berebut menjadi bagian permainan ini seiring mulai meluasnya voli pantai di seluruh penjuru dunia.

Dalam sebuah kunjungan ke acara yang berlangsung di Rio de Janeiro pada 1994, ketua Komite Olimpiade Internasional pada waktu itu, Juan Antonia Samaranch, diyakinkan oleh potensi olahraga ini dan dua tahun kemudian, voli pantai mulai diperlombakan dalam ajang Olimpiade di Atlanta 1996, setelah tampil sebagai pertandingan demonstrasi empat tahun sebelumnya di Barcelona.

Voli pantai digelar di lapangan yang lebih kecil daripada bola voli dalam ruang, dengan ukuran 16 kali 8 meter.

Masing-masing tim beranggotakan dua pemain, bukan enam pemain seperti versi dalam ruang, sementara perbedaan lainnya adalah voli pantai dimainkan dengan sistem tiga set terbaik alih-alih lima set - dua set pertama hingga 21 poin dan set penentu ketiga sampai 15 poin.

Set harus dimenangkan dengan unggul dua poin bersih.

Tujuannya masih sama antara kedua pertandingan voli ini, di mana masing-masing tim diberikan tiga kesempatan menyentuh bola untuk mencoba membawa bola melewati net dan mendaratkannya di sisi lapangan lawan.

Anggota tim membutuhkan rasa saling pengertian yang besar agar dapat bekerja sama dengan selaras dalam olahraga yang menguras tenaga ini, yang menuntut atletisme tertinggi sembari pemain berjuang di atas pasir mencoba menjaga bola tetap di udara.

Turnamen voli pantai dalam ajang Olimpiade diikuti oleh 24 tim dan dimulai dengan enam kelompok yang beranggotakan empat tim saling bertanding dengan sistem setengah kompetisi, dengan 16 tim maju ke babak gugur.

Sejak voli pantai digelar pertama kali dalam ajang Olimpiade, Amerika Serikat dan Brasil telah merajai olahraga ini baik di nomor putra maupun putri - dengan tujuh medali emas yang telah mereka menangkan.

(Continued)
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft