Republika Online
Updated: Sun, 12 Aug 2012 01:34:06 GMT

Meksiko Juara Sepak Bola Olimpiade 2012



Meksiko Juara Sepak Bola Olimpiade 2012

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kejutan terjadi di laga final sepak bola putra Olimpiade London 2012 saat Meksiko di luar dugaan keluar sebagai juara. Mereka berhak memboyong medali emas Olimpiade London 2012, setelah menjinakkan Brasil 2-1 di partai pamungkas, Sabtu (11/8).

Ya, kemenangan Meksiko kian istimewa lantaran medali emas tersebut adalah yang pertama bagi Los Tricolores, julukan Meksiko. Apalagi lawannya bukan tim sembarangan, Brasil. Negara yang menjadi kiblat sepak bola dunia dan menjuarai Piala Dunia sebanyak lima kali itu harus takluk di tangan El Tri.

Bermain di Stadion Wembley yang dipadati 86.162 orang, --rekor pertandingan paling banyak ditonton selama Olimpiade London 2012 berlangsung--, Meksiko tampil percaya diri. Bahkan, Meksiko lebih dulu memimpin lewat gol striker Oribe Peralta saat laga baru berjalan 30 detik. Juru gedor Santos Laguna itu melepaskan tembakan melepaskan terukur ke pojok kiri gawang Brasil yang dijaga kiper Gabriel Ferreira. Bola melesat menembus jala tim Samba sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Gol itu membuat Brasil tersengat. Tim Samba mencoba tampil lebih menyerang dengan menempatkan tiga striker yakni Alexandre Pato, Hulk dan Ganso di kotak penalti Meksiko. Sayangnya, peluang demi peluang yang hadir gagal berbuah gol.

Keasyikan menyerang, pertahanan Brasil mengendur. Kondisi itu dimanfaatkan Meksiko untuk memperlebar jarak. Gol Meksiko lagi-lagi lahir dari kaki Peralta di menit ke-75.

Di penghujung laga, Brasil memperkecil ketertinggal lewat sepakan Hulk di menit ke-90. Sayangnya gol tersebut tak mampu menyelamatkan Brasil dari kekalahan.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor tidak berubah 2-1 untuk kemenangan Meksiko. AFP melaporkan, Meksiko yang tampil 'pede' dan mendominasi, dinilai laik meraih medali emas. Sementara kekalahan Meksiko membuat Brasil harus lebih lama memperpanjang puasa gelar Olimpiade, satu-satunya juara yang belum pernah Tim Samba raih di ajang internasional.

Sehari sebelumnya, Timnas Korea Selatan menggondol medali perunggui usai menjungkal Jepang. Bagi Meksiko, ini merupakan kali pertama mereka tampil di final Olimpiade. Sebelumnya, prestasi terbaik Meksiko hanya mampu berada di urutan keempat saat tampil di Olimpiade 1968.

Susunan Pemain

Brasil: Gabriel, Rafael (Lucas 85'), Thiago Silva, Juan Jesus, Sandro (Pato 71', Marcelo, Romulo, Leandro Damiao, Oscar, Neymar, Alex Sandro (Hulk 32')

Meksiko: Corona, Jimenez (Vidrio 81'), Salcido, Mier, Chavez, Herrera, Fabian, Peralta (Jimenez 86'), Aquino (Ponce 57'), Reyes, Enriquez.

0Komentar

Apakah era Louis Van Gaal di Manchester United akan lebih baik dari musim lalu?

Terima kasih telah menjadi responden pertama. Hasil akan segera tersedia. Lanjut ke hasil

  1. 73 %
    1. Ya
    802 jumlah respon
  2.  
    15 %
    2. Tidak
    165 jumlah respon
  3.  
    12 %
    3. Ragu-ragu
    138 jumlah respon

Total Respon: 1.105
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil ini akan diperbarui tiap menit.

video

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft